Selasa, 30 Agustus 2011

Organization Vs Parents


Hal yang sangat biasa jika dikatakan organisasi Vs Akademik. Semua itu hal yang paling sering dialami oleh orang-orang yang masih menempuh masa pendidikan. Belajar teori, duduk di kelas, mematuhi guru ataupun dosen, tak berpikirkah kita hal itu adalah hal yang paling membosankan???? Hah???. Statement itu mengantarkan kita bahwa dalam diri individu masih sangat dibutuhkan yang namanya pengembangan diri, apalagi wadah itu tak lain dan tak bukan adalah organisasi atau kegiatan-kegiatan di luar bangku pendidikan yang di bilang formal itu.

Tak dapat dipungkiri bahwa kegiatan-kegiatan itu menyita lumayan banyak waktu dan juga energi. Tapi, begitulah kehidupan, kita hidup dengan waktu. Lebih baik jika semua waktu itu diisi. Sangat banyak argumen yang mengatakan bahwa organisasi hanya mengganggu aktivitas akademik saja karena jika individu aktif dalam organisasi, maka nilai prestasinya akan menurun bahkan biasanya akademik akan terbengkalai. Lanjut masalah waktu, jika individu menggunakan keseluruhan waktunya untuk seluruh kegiatan baik akademik maupun organisasi kemungkinannya adalah kesehatan akan terganggu. Kurangnya waktu untuk istirahat membuat kondisi fisik yang menurun dan rentan terhadap penyakit. Dan di sisi lain dari kesibukan tersebut, belum tentu kita mendapatkan hasil yang memuaskan. Belum tentu kita mendapatkan pekerjaan yang layak setelah menuntaskan kursi pendidikan, dan belum tentu juga dengan berdinamika di organisasi kita memiliki sosial yang baik.

Yang membuat kita jatuh di jurang sangat dalam adalah karena mind setting kita sendiri. Sangat tak pantas jika menyalahkan pihak sekolah jika kita bodoh, mungkin jika itu masalah fasilitas bisa dijadikan penyebab, ada hal lain yang harus dimunculkan dari dalam diri dalam menanggapi akademik. Sekarang Organisasi, sangat tidak berperikeorganisasian jika kita mengatakan bahwa prestasi akademik hancur dikarenakan organisasi. Yang membuat akademik hancur adalah diri kita sendiri yang belum mampu berjuang untuk meraih prestasi, kalaupun banyaknya kesibukan di organisasi bukan merupakan alasan yang indah, karena yang memutuskan adalah diri sendiri. Segala tindakan dan perlakuan untuk apa yang akan dilakukan merupakan keputusan yang diambil oleh kita sendiri. Jika kita memutuskan untuk lebih asyik di organisasi berarti organisasi tidak salah jika akademik menurun. Hal ini harus dipahami sebaik mungkin. Jika begitu, kita harus mendahulukan akademik dibandingkan organisasi? Jawabannya kembali pada keputusan kita sendiri.

Ada apa dengan orang tua? Sebenarnya yang selalu memicu kita untuk tetap pada jalur akademik yang baik adalah orang tua. Apapun yang mengganggu perjalanan pendidikan anaknya, pasti orang tua akan turun tangan, termasuk dengan organisasi. Hal tersebutlah yang biasa memunculkan konflik. Jika seorang anak yang aktif dalam organisasi, biasanya dihalang-halangi oleh orang tua. Tentu saja dengan beberapa faktor negatif dari organisasi yang telah saya sebutkan sebelumnya. Sebenarnya itu merupakan hal wajar karena beberapa pertimbangan. Orang tua juga pasti khawatir jika pendidikan ataupun kesehatan anaknya terganggu. Tapi, kadang ada juga orang tua yang tak membiarkan anaknya menyentuh organisasi sedikitpun, sungguh memprihatinkan juga. Padahal organisasi merupakan salah satu ruang dinamika sosial, ada interaksi, pemahaman karakter, dan pembelajaran diri secara berkala. Hanya mungkin tidak dibuktikan secara formal administrasi seperti ijasah pada akademik. Kalau pun ada hal itu hanya merupakan sertifikat atau sesuatu yang hanya dilihat secara abstrak. Sedangkan, penerapannya langsung dalam kehidupan nyata, dapat diterapkan juga dalam dunia “mencari uang” atau pekerjaan.

Semua itu adalah ungkapan-ungkapan dari seorang pelajar yang merasa bahwa akademik harus setara dengan adanya non-akademik. Stimulasi! Adalah kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana non-akademik mengembangkan jiwa dalam diri individu. Namun, sangat disayangkan jika hal itu terhalangi oleh hal-hal yang disebut dengan “LARANGAN” sangat mengesalkan bukan? Dan ini sering terjadi : saat asik-asiknya dengan dunia organisasi tapi terhalangi oleh “titah” orang tua dengan berbagai alasan. Semua ini tentu terbantahkan, bisa dikatakan bahwa orang tua bagaikan hidup dalam tempurung katak (pribahasa: katak dalam tempurung). Saat ini dunia semakin membutuhkan banyak waktu untuk menggerakan roda-roda kehidupan manusia. Tentunya ada sebuah pergerakan baru yang juga harus dilirik oleh para orang tua dan ini juga dapat digunakan sebagai metode pengawasan terhadap orang tua yang tidak mempercayai anak-anaknya untuk dilepas di dunia belantara.

Walaupun banyak hal-hal yang mungkin masih bisa dipertimbangkan oleh orang tua menanggapi persoalan organisasi. Namun, masih nihil orang tua yang mampu memahami kemampuan dan kemauan anak. Tadinya ingin “menjaga” berubah menjadi “memenjarakan”. Sangat disayangkan sekali! Organization VS Parents (T_T) hiks!

Tidak ada komentar: